Bukan Hanya Akademis, Ini Manfaat Sekolah untuk Anak Usia Dini

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat sekolah untuk anak usia dini, selain dari faktor akademis. Sayangnya, selama ini kebanyakan orang tua hanya berharap anaknya berkembang secara akademis. Akibatnya, banyak yang kecewa ketika anak menyelesaikan pendidikan tetapi belum lancar dalam hal calistung.

Secara umum, perkembangan anak usia dini bukan hanya tentang calistung. Ada banyak aspek lain yang perlu distimulasi agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Lalu, apa saja manfaat memasukkan anak ke sekolah selain membuat mereka pintar?

Manfaat Memasukkan Anak ke Sekolah

Manfaat Sekolah

– Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi Anak

Manusia adalah mahluk sosial, jadi sangat wajar apabila Ayah Bunda ingin anak tumbuh sebagai manusia dengan kemampuan sosialisasi yang baik. Mendidik anak di rumah dan mengenalkannya dengan lingkungan keluarga saja tidak cukup untuk menstimulasi kemampuan bersosialisasi.

Anak perlu lingkungan yang lebih luas dan bertemu anak lain dengan berbagai sifat dan latar belakang. Nah, memasukkan anak ke sekolah sejak dini akan sangat membantu mereka dalam bersosialisasi. Di sekolah, anak bisa mengenal orang lain selain keluarga seperti guru atau teman.

– Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak

Selain aspek sosial, anak juga perlu bersekolah agar kemampuan motoriknya dapat terasah. Meskipun mungkin kemampuan ini dapat diasah di rumah melalui permainan sederhana bersama Ayah Bunda, anak bisa melakukan kegiatan yang lebih bervariasi dengan alat bahan lebih lengkap di sekolah.

Selain itu, ketika mengembangkan kemampuan motorik di sekolah, anak juga berkesempatan mengembangkan kemampuan lain seperti bermain secara sportif, bekerja sama dengan teman, menyesuaikan diri dengan permainan, berlatih kepemimpinan, dan masih banyak lagi.

– Membantu Anak Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan Baru

Manfaat sekolah lainnya adalah membantu anak menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Sebelum masuk ke sekolah, anak hanya mengenal lingkungan rumah dan keluarga sebagai tempat tinggal mereka. Ketika sekolah, mereka berkesempatan mengenal lingkungan baru yang berbeda.

Berada di lingkungan baru, mau tidak mau menuntut anak untuk menyesuaikan diri. Jika biasanya dia cenderung egois, anak akan mulai memahami bahwa sikapnya tidak bisa dibenarkan di setiap tempat. Jadi, ketika dewasa dan bertemu lingkungan baru lainnya, anak lebih mudah beradaptasi. 

– Melatih Disiplin Anak

Selanjutnya, sekolah juga sangat bermanfaat dalam melatih kedisiplinan anak. Bagaimana tidak, anak dituntut untuk mengikuti serangkaian kegiatan dari jam tertentu hingga berakhir sehingga mau tidak mau, sebelumnya anak sudah harus mempersiapkan diri. 

Meskipun mungkin sekolah yang diikuti menggunakan metode pembelajaran online, setiap sekolah pasti memiliki rangkaian kegiatan yang bisa melatih kedisiplinan anak. Inilah mengapa memasukkan anak ke sekolah sangat bermanfaat dalam menstimulasi sikap disiplin mereka.

– Mengenalkan Anak Pada Aturan

Terakhir, sekolah juga bermanfaat dalam mengenalkan anak pada aturan. Aturan di rumah tentu saja berbeda dengan aturan di sekolah. Di sekolah, anak akan belajar bahwa setiap tindakan punya konsekuensinya masing-masing. Hal ini akan melatih anak untuk memahami bahwa dalam bersikap, mereka tidak bisa sembarangan.

Meskipun mungkin aturan yang dikenalkan di sekolah cenderung ringan, seperti berbaris rapi, mengembalikan alat tulis atau mainan ke tempatnya setelah dipakai, hingga antri saat cuci tangan, namun hal semacam ini justru akan membuat anak lebih teratur.

Kesimpulan

Membaca ulasan di atas membuat kita sadar bahwa selain dari segi akademis, ada banyak sekali manfaat memasukkan anak ke sekolah. Inilah mengapa sangat penting bagi Ayah Bunda untuk memasukkan anak ke sekolah yang dapat menyediakan pendidikan secara menyeluruh.

Salah satu rekomendasi sekolah yang bisa Ayah Bunda pilih adalah Sekolah Murid Merdeka atau SMM. Sekolah ini menawarkan metode Blended Learning dalam memberi pembelajaran pada anak; artinya anak dibebaskan untuk memilih kelas online atau offline.

Selain itu, SMM didukung dengan kurikulum integratif yang mendukung stimulasi minat bakat anak. Jadi, selain mendapat pendidikan secara akademis, anak juga berkesempatan mengembangkan keterampilan lain yang membuat mereka tumbuh dan berkembang secara optimal.

Jadi, tertarik untuk memasukkan anak ke SMM? Info tentang kelas dan program pembelajarannya bisa Ayah Bunda lihat di sini, ya. Itulah beberapa manfaat sekolah untuk anak usia dini. Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Informasi Terbaru