5 Aktivitas Bermain Sambil Belajar Seru Selama Ramadhan

Anak-anak yang berada dalam pertumbuhan, memang belum diwajibkan untuk berpuasa. Saat baru mulai belajar berpuasa, tidak jarang anak merasa lemas, lapar, dan tidak bersemangat. Oleh karena itu, orang tua harus kreatif untuk membuat kegiatan seru di rumah agar puasa lebih terasa menyenangkan bagi anak.

Beberapa hal berikut dapat dipersiapkan oleh Ayah Bunda agar momen puasa anak semakin menyenangkan, di antaranya sebagai berikut:

1. Mendongeng

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak berpuasa. Salah satunya dengan mendongeng, Ayah Bunda dapat memilih cerita-cerita Nabi maupun tema islami tentang puasa. Dari dongeng tersebut, diharapkan anak memahami makna, tujuan ibadah puasa.

2. Belajar Mengaji

Di bulan puasa semua ibadah akan di lipatgandakan, salah satunya belajar mengaji dengan Anak. Ajaklah Anak untuk belajar membaca Al Qur’an bersama-sama. Ajarkan pula doa-doa sederhana yang biasa digunakan untuk sehari-hari. 

3. Beraktivitas di rumah sambil asah kecerdasan

Kegiatan Ramadhan untuk Anak biasanya lebih banyak diisi dengan kegiatan di rumah. Untuk itu, Bunda harus mempersiapkan berbagai aktivitas di rumah yang dapat mengasah kecerdasan Anak. Misalnya bermain sambil membuat prakarya, mewarnai gambar, mencocokkan puzzle, atau bercerita. 

4. Menyiapkan menu buka puasa

Ajaklah Anak dalam memilih menu buka puasa dan libatkan pula dalam proses persiapannya. Hal ini tentu dapat membuat si kecil semakin bersemangat dalam menyelesaikan ibadah puasanya pada hari tersebut.

5. Memberi hadiah

Sebagai orang tua boleh saja memberikan hadiah kepada anak. Hal ini dapat memotivasi dirinya agar lebih bersemangat menjalani ibadah puasa. Namun, jadikan hadiah ini sebagai reward saat anak berhasil menjalankan tantangan puasa.

Aktivitas Bermain Sambil Belajar Selama Ramadhan di SMM

Tahukah Ayah Bunda bahwa Sekolah Murid Merdeka menyediakan berbagai aktivitas seru selama bulan Ramadhan. Diantaranya aktivitas webinar untuk Ayah/Bunda, aktivitas trial online untuk calon murid SMM, hingga kelas eksplorasi yang tersedia di setiap Hub kami. Di SMM, calon murid akan mendapatkan sesi belajar tematik yang seru dan menyenangkan setiap minggu. Yuk coba kelas gratis Sekolah Murid Merdeka dengan klik di sini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Informasi Terbaru