6 Cara Meningkatkan Daya Ingat pada Anak yang Mudah Dilakukan

Daya ingat atau memori menjadi unsur yang sangat penting yang mendukung fondasi yang mumpuni untuk proses belajar anak. Mempunyai daya ingat yang baik akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang mampu mencetak prestasi dan unggul dalam segala hal. Akan tetapi, aspek ini tidak bisa didapat begitu saja.

Harvard Health Medical School menyebutkan, daya ingat jadi aspek penting yang harus ditingkatkan dan diasah sejak dini. Sebab, memiliki daya ingat yang baik akan membantu mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan kognitif yang sangat erat kaitannya dengan pertambahan usia, misalnya gangguan neurologi, alzheimer, dan demensia. 

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Lalu, bagaimana cara meningkatkan daya ingat anak agar terhindar dari masalah penurunan kognitif tersebut? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Manfaatkan Elemen Visual

Cara pertama yang dapat Anda coba adalah melalui berbagai elemen visual. Para ahli menyatakan, seseorang akan lebih mudah mengingat sesuatu secara visual dibandingkan dengan verbal atau mendengarkan suara. Anda bisa mulai dengan memberikan tontonan edukasi, tetapi tetap dampingi dan beri batasan waktu pada anak mengakses gawai. 

Selain menonton video edukasi, Anda juga dapat memakai kartu flash sebagai media belajar. Selain mengenali gambar lebih mudah, anak juga bisa belajar membaca melalui kartu visual. 

  • Belajar Lewat Lagu

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan kemampuan otak anak melalui lagu. Bukan hal baru bahwa lagu bisa membantu menajamkan kemampuan memori dalam mengingat sesuatu. Terlebih jika didengarkan berulang kali. Tidak harus lagu anak pada umumnya yang sering Anda dengar semasa kecil, Anda dapat menciptakan lagu sendiri berdasarkan aktivitas sehari-hari

Misalnya, lagu sikat gigi, lagu sebelum makan, atau lagu memakai pakaian. Apabila dilakukan dengan rutin, anak akan hafal dengan lirik lagu atau nadanya. Jadi, ia pun akan menyanyikan lagu setiap kali melakukan aktivitas tersebut.

  • Ajak Bercerita Bersama

Membaca atau mengajak anak bercerita juga menjadi cara meningkatkan daya ingat anak yang dapat Anda coba. Usai bercerita, Anda bisa mengajak anak mengingat kembali cerita yang Anda sampaikan. Misalnya, Anda bertanya siapa saja tokohnya, mana saja tempatnya, dan beberapa kejadian yang ada dalam cerita. 

Melakukan rutinitas ini akan membuat anak menjadi terbiasa. Secara tidak langsung, semua akan terekam dalam otak, membuat anak lebih mudah mengingat. Selain melalui buku, Anda juga bisa membuat cerita seru melalui gambar atau boneka tangan.

  • Penuhi Asupan Nutrisi Anak

Ternyata, memberikan asupan nutrisi yang tepat juga membantu kemampuan mengingat anak. Berikan anak asupan makanan dengan kandungan asam folat, zat besi, zinc, dan omega-3 yang memang baik untuk menunjang perkembangan otaknya. Misalnya, ikan salmon, telur, dan buah alpukat.

  • Gunakan Seluruh Indra Anak

Semakin banyak indra yang dipakai dalam mempelajari sesuatu, semakin banyak otak anak akan terlibat dalam mempertahankan kemampuan mengingat. Jadi, pastikan anak menggunakan semua indranya ketika ia menjelajah hal baru sebagai salah satu cara meningkatkan daya ingat anak. Sebab, menggunakan semua indra tubuh dapat membuat anak lebih mudah mengingat sesuatu benda.

  • Pastikan Anak Cukup Tidur

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Northwestern University menyebutkan, mendapat cukup tidur menjadi kunci penting yang membantu menjaga daya ingat, tak terkecuali pada anak. Pasalnya, otak akan menyimpan semua hal penting yang sudah dipelajari selama terjaga seharian. 

Inilah mengapa, Anda harus memastikan bahwa anak mendapatkan cukup istirahat setiap hari, baik siang maupun malam. Seperti disebutkan dalam National Sleep Foundation (NSF), waktu yang dianjurkan untuk anak beristirahat adalah antara 11 sampai 13 jam setiap hari. 

Selama periode emasnya, anak akan selalu belajar. Entah itu belajar disiplin, mandiri, percaya diri, berbicara, hingga mengingat dan berkonsentrasi. Sudah menjadi tugas orang tua selalu memberikan dampingan, arahan, dan contoh nyata yang positif pada anak, termasuk saat mengajarkan cara meningkatkan daya ingat anak. Sebab, anak akan lebih mudah meniru apa yang dilihatnya. 

Selain itu, orang tua adalah contoh paling pertama yang masuk dalam visual atau indra penglihatan anak. Oleh sebab itu, jadilah role model terbaik bagi anak sehingga ia tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang selalu membawa hal positif dalam kehidupannya. Ketahui dan eksplor program Sekolah Murid Merdeka lebih lanjut!

Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Informasi Terbaru