Ibu, Ini 5 Cara agar Anak Mau Belajar Tanpa Harus Dipaksa

Sebagai orang tua, tentu Anda memiliki harapan supaya anak lebih rajin dalam belajar sehingga bisa mendulang prestasi di bidang akademiknya. Terlebih dengan stigma masyarakat yang sering kali menjadi kecerdasan sebagai patokan keberhasilan dan kesuksesan. Mau tidak mau, orang tua akan semakin menuntut anak untuk mau belajar. 

Meski demikian, terkadang kemauan orang tua justru menimbulkan tekanan dan paksaan untuk anak. Alhasil, bukannya mau dan lebih rajin, anak justru menjadi lebih malas belajar. Bahkan, bukan tidak mungkin anak akan merasa stres setiap kali belajar. Lalu, bagaimana orang tua menyikapi hal ini?

Bagaimana Cara Agar Anak Mau Belajar Tanpa Paksaan?

Cara agar Anak Mau Belajar

Membuat anak mau belajar secara sukarela bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar orang tua. Tak jarang, anak justru semakin menolak belajar yang membuat orang tua lepas kendali dan marah. Jika Anda mengalaminya, coba lakukan beberapa cara berikut ini supaya anak mau belajar tanpa harus dipaksa. 

  • Berikan Apresiasi saat Berhasil

Anak suka dipuji dan diapresiasi yang bisa menjadi cara agar anak mau belajar tanpa harus dipaksa. Jangan sungkan untuk memberikan apresiasi dan pujian atas pencapaian atau keberhasilan anak. Bahkan, berikan penghargaan atas usaha yang dilakukannya meski ia salah saat menjawab pertanyaan. Namun, jangan sampai lupa untuk memberikan jawaban yang benar. Dengan begitu, anak menjadi lebih percaya diri dan semangat ketika waktu belajar berikutnya.

  • Berikan dukungan dan Motivasi

Bagi anak, bermain tentu menjadi aktivitas yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan belajar. Nah, di sinilah peran orang tua sangat dibutuhkan. Berikan dukungan dan motivasi pada anak setiap saat sehingga anak selalu menantikan waktu belajar. Jika memang perlu, temani anak ketika ia sedang belajar. Jadi, Anda bisa mengetahui semua pendapat anak dan membantu mencari jawaban apabila anak menemukan soal yang tidak diketahuinya. 

  • Menawarkan Empati saat Anak Gagal

Terkadang, anak tidak selalu mendapatkan keberhasilan. Tidak masalah, karena kegagalan membuatnya tahu bahwa terkadang anak harus mencoba lebih keras lagi nantinya. Sebagai orang tua, berikan empati terhadap kegagalan yang anak alami. Berikan dukungan dan semangat untuk membesarkan hatinya, sehingga anak tidak menyerah dan mau terus berusaha. Sebab, saat mengalami kegagalan, tidak ada yang lebih baik bagi anak daripada pelukan hangat dan motivasi dari ayah dan ibunya. 

  • Buat Belajar Jadi Menyenangkan

Sering meluapkan emosi atau marah saat menemani anak belajar menjadi tindakan yang bisa mengakibatkan anak semakin malas belajar. Sebab, baginya, situasi belajar menjadi sangat tidak menyenangkan. Bisa jadi, anak justru menjadi takut setiap Anda memintanya untuk belajar. Alih-alih marah dan selalu emosi saat meminta anak belajar, Anda bisa mencoba membuat suasana belajar menjadi menyenangkan sebagai cara agar anak mau belajar

Bagaimana caranya? Tidak sulit, kok. Anda dapat mengizinkan anak untuk bermain di sela waktu belajarnya. Misalnya, beristirahat selama 10 menit saat belajar yang bisa digunakan untuk melakukan hal yang disukainya. Dengan begitu, anak akan mendapati bahwa ia tetap dapat bermain meski sedang belajar dan membuatnya jadi lebih menyukai aktivitas ini.

  • Ikuti Gaya Belajar Anak

Anak tidak betah belajar dengan duduk di kursi dan di hadapan meja? Mungkin memang bukan begitu gaya belajar anak. Perlu diingat bahwa perkembangan zaman dan teknologi membuat terjadinya pergeseran kebiasaan. Belum lagi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan digital yang membuat semua hal sekarang menjadi semakin mudah dilakukan. 

Coba perhatikan, apakah anak lebih nyaman belajar sambil mendengarkan musik? Atau, apakah anak lebih mudah memahami materi pelajaran dengan bantuan video? Cara agar anak mau belajar satu ini sayangnya tidak banyak diterapkan oleh orang tua. Alhasil, anak tidak menemukan kenyamanan saat belajar dan menjadi tertekan.

Sebisa mungkin, hindari memarahi atau bahkan menggunakan kekerasan pada anak yang tidak mau belajar. Sebab, hal itu justru membuatnya semakin malas dan merasa belajar adalah suatu hal yang terpaksa harus dilakukannya agar orang tuanya tidak marah-marah. Pastinya, sabar, disiplin, dan pantang menyerah akan menjadi langkah terbaik saat Anda menerapkan cara agar anak mau belajar di rumah. Eksplor lebih lanjut program Sekolah Murid Merdeka dengan unduh booklet untuk mengetahui lebih dalam tentang program, metode belajar, praktik belajar, kurikulum, dan segala informasi lainnya tentang SMM!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Informasi Terbaru