5 Manfaat Mengajarkan Anak Cara Bersosialisasi Sejak Dini

Ketika berada pada rentang usia 1 sampai 3 tahun, rasa ingin tahu anak akan semakin besar. Anak akan menyentuh apa saja, memegang, bahkan memasukkan benda baru ke dalam mulutnya. Namun, Anda pasti menyadari bahwa pada usia tersebut, anak masih takut untuk berinteraksi dengan orang lain, terlebih orang yang baru ia temui pertama kali. 

Sebenarnya, keengganan anak untuk berinteraksi dengan orang baru menjadi bentuk peningkatan rasa waspada. Meski begitu, bukan berarti hal ini juga harus dibiarkan. Anda perlu mengajari cara bersosialisasi pada anak sehingga anak dapat menentukan sikap yang tepat saat bertemu dengan teman, orang tua, atau orang asing.

Manfaat Mengajarkan Cara Bersosialisasi pada Anak

Cara Bersosialisasi

Tak hanya membuat anak tidak lagi takut saat bertemu banyak orang, melatih bersosialisasi juga punya banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak, di antaranya: 

  • Lebih Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, anak akan memasuki babak baru dalam hidupnya. Misalnya, daycare baru, sekolah baru, atau rumah baru. Tidak ada salahnya untuk membantu anak mempersiapkan diri sehingga mudah untuknya beradaptasi dengan hal atau lingkungan baru di kemudian hari. 

Salah satu caranya yaitu mengajarkan cara bersosialisasi pada anak. Biarkan ia akrab bermain dan berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya. Sebab, hal tersebut akan membuatnya lebih mudah menyesuaikan diri ketika menemui suasana atau orang baru di mana saja ia berada nantinya.  

  • Membuat Anak Lebih Percaya Diri

Selain membuat anak menjadi lebih mudah beradaptasi, cara bersosialisasi juga membuat anak menjadi lebih mandiri dan percaya diri seiring dengan bertambahnya usianya. Anak menjadi lebih siap untuk menghadapi berbagai situasi atau kondisi yang tidak terduga. Pasalnya, sosialisasi sejak dini akan memudahkan anak memulai interaksi dengan orang lain dan membuatnya tidak tumbuh jadi anak yang pemalu.

  • Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Kebiasaan bersosialisasi di tempat penitipan atau sekolah pastinya akan sangat membantu anak berkomunikasi, baik dengan teman, guru, atau orang lain yang ia temui. Tak hanya itu, mengajari anak cara bersosialisasi juga dapat membantu anak untuk mengenali berbagai tanda sosial, melatihnya menjadi seorang pendengar yang baik, dan membuatnya lebih berani untuk mengambil risiko dalam kehidupan. Tak hanya secara verbal, Anda juga harus melatih kemampuan anak berkomunikasi secara non-verbal. 

  • Mau Berbagi

Berada pada fase senang bermain terkadang membuat anak belum mengerti dengan baik tentang pentingnya berbagi. Bahkan, apa yang dipegang anak bisa disebut miliknya meski sebenarnya tidak, dan anak tidak mau meminjamkan atau mengembalikan barang tersebut karena merasa barang itu miliknya. Pastinya, ini akan membuat Anda kerepotan kalau sedang mengajak anak bermain di playground atau menitip anak di daycare

Melalui bersosialisasi, anak akan memahami konsep berbagi secara perlahan. Mungkin akan terasa cukup sulit di awal, tetapi nantinya anak akan menjadi terbiasa untuk bergantian bermain, bertukar mainan, atau bahkan sabar menunggu giliran memainkan mainan tertentu. 

  • Mengajarkan Saling Menghargai

Tak hanya melatih anak untuk mengerti konsep berbagi, cara bersosialisasi yang tepat juga secara tidak langsung mengajarkan anak untuk bisa saling menghargai. Ini akan sangat berguna apabila anak berada pada lingkungan yang lebih luas dengan perbedaan yang lebih besar. Dengan begitu, anak akan lebih mudah menerima semua perbedaan yang  ditemuinya dan tetap dapat beradaptasi dengan cepat. 

Jangan pernah berkecil hati dan putus asa apabila anak masih enggan bersosialisasi dengan orang lain. Tetap semangat dengan selalu memberikan dukungan pada anak untuk mengawalinya dari lingkungan dan orang terdekat terlebih dahulu. Anda juga bisa mengajak anak bergabung dalam klub bermain, klub olahraga, atau membuat playdate di rumah untuk membantunya mulai bersosialisasi dan mengakrabkan diri. 

Perlu diingat bahwa Anda sebaiknya tidak memaksa ketika anak merasa sulit dan takut. Berikan anak waktu dan ruang serta biarkan ia mengikuti intuisinya. Pastikan saja selalu temani anak setiap kali ia mencoba untuk kembali bersosialisasi. Ketahui & eksplor program Sekolah Murid Merdeka lebih lanjut untuk kembangkan potensi & minat anak!

Yuk, mulai ajak anak main dengan teman-temannya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Informasi Terbaru