Miliki Pembelajaran Bermakna SMM Lewat Learning Management System!

“Belajar” kerap menjadi momok bagi sebagian anak karena sering diasumsikan sebagai kegiatan yang memusingkan dan membosankan. Padahal, belajar seharusnya menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bermakna melalui metode-metode kreatif serta memberikan anak ruang untuk merdeka dalam proses belajarnya. Dengan begitu, pembelajaran menjadi lebih efektif. Hal inilah yang diterapkan oleh Sekolah Murid Merdeka.

Sekolah Murid Merdeka yang mengusung sistem blended learning, daring dan luring, pertama di Indonesia yang mengusung metode fun learning untuk mencapai pemahaman kontekstual serta pembelajaran yang lebih bermakna. Sistem blended learning adalah konsep yang mengkombinasikan praktik pendidikan tatap muka (luring) dan berbasis digital (daring) dengan berbagai varian aktivitas yang menyenangkan, efektif, dan bermakna untuk anak. Berbagai keuntungan yang diberikan oleh sistem blended learning SMM, diantaranya:

Praktik Belajar Tatap Muka dan Daring Memberikan aktivitas pembelajaran yang seru, unik, dan menarik dalam kegiatan daring dan tatap muka.

Fleksibilitas Belajar Bisa atur jadwal belajar sesuai kebutuhan. Anak bisa belajar kapan pun dan di mana pun.

Pembelajaran Kontekstual Materi pembelajaran lewat pendekatan keseharian dan praktikum agar terciptanya pembelajaran yang lebih bermakna.

Dengan begitu, anak menjadi lebih nyaman dalam memilih jadwal dan metode belajar yang cocok dan terpersonalisasi untuk mencapai pemahaman kontekstual dan proses belajar menyenangkan.

         Di SMM, anak diberi kemerdekaan dalam memilih mata pelajaran pilihan di samping mata pelajaran wajib untuk mendukung minat dan bakatnya. Anak juga diberi keleluasaan dalam mengambil materi dan bahan ajar dari mana saja, tidak terbatas dari sekolah. Namun meski SMM memberikan banyak kebebasan dan keleluasaan dalam proses belajar anak, mulai dari jadwal, metode, hingga mata pelajaran yang terpersonalisasi, kegiatan belajar mengajar yang dilakukan tetap terstruktur dan terarah melalui Learning Management System atau LMS.     

Learning Management System

Learning Management System merupakan sistem berbasis digital yang dikembangkan oleh SMM dan SekolahMu untuk mendukung proses belajar anak. Di LMS, anak memungkinkan untuk mengakses banyak hal septas pembelajaran. Fiturnya sangat membantu untuk melihat apa saja yang harus dilakukan pada setiap kegiatannya. Dalam satu kegiatan, terdapat empat jenis kegiatan, yaitu materi, tugas, diskusi, dan pertemuan. Pada pertemuan akhir, terdapat pula fitur evaluasi belajar berisi ajuan project sumatif anak, refleksi belajar, dan kolom feedback orang tua terhadap sistem pembelajaran. Pada laman LMS tersebut, terdapat juga fitur pengumuman untuk memungkinkan ayah bunda dapat melihat program tambahan yang dapat diikuti anak. Tampilan LMS pun menarik dan user friendly sehingga mudah digunakan, baik bagi orang tua maupun anak. Dengan adanya LMS, anak menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap proses belajarnya, memungkinkannya belajar teknologi sejak dini, serta mendukung proses belajar yang menyenangkan melalui video ajar dan fitur-fitur kreatif lainnya.

         Proses belajar menyenangkan atau fun learning di SMM diwujudkan dengan berbagai cara, yaitu diantaranya:

video ajar dan highlight feature LMS 

Fitur materi yang disuguhkan pada laman LMS sangatlah variatif. Tidak hanya terpaku pada teks, metode pembelajaran juga disajikan menggunakan video menarik, game interaktif, infografis berwarna-warni, dan tools tambahan lainnya yang membuat proses belajar tidak membosankan. Terdapat pula fitur diskusi  menggunakan tools yang beragam, misalnya tools pengajuan kelompok belajar sendiri agar murid dapat mengenal temannya satu sama lain. Fitur tugas pun tidak monoton pada soal-soal berbasis teks. SMM lebih mengutamakan pengalaman praktikal sehingga tugas yang diberikan pun bervariasi, mulai dari games, project karya, atau mengunduh lembar kerja siswa. Terdapat pula fitur reminder setiap minggunya. 

Agenda field trip rutin, kunjungan, dan virtual tour

         Ayah Bunda tidak perlu khawatir jika anak terbiasa dalam pertemuan daring rutin, bagaimana ia dapat pintar berinteraksi dan bersosialisasi langsung dengan teman-teman di kelasnya? SMM memberikan program field trip rutin setiap 3 bulannya, kunjungan, dan virtual tour untuk mendukung proses eksplorasi dan sosialisasi anak. Program ini juga tidak dipungut biaya tambahan karena sudah termasuk dalam pembayaran di awal sesi pembelajaran. Pengenalan secara langsung melalui field trip ataupun kunjungan bertujuan agar anak dapat merasakan pengalaman belajar yang memahami konsep dan mengetahui secara dalam hal-hal yang dekat dengan kehidupan sehari-harinya. Pembelajaran Dimulai dari memperkenalkan, mengetahui setiap proses, hingga membuat anak jadi lebih bisa menghargai hal-hal di sekitarnya.

Learning kit

         Baik dalam sesi Daring Rutin (DR) ataupun Tatap Muka Rutin (TMR), anak akan mendapatkan proses belajar yang interaktif dan menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan adanya play kit atau learning kit sesuai materi yang dipelajari. Untuk kelas daring rutin, learning kit akan dikirimkan ke rumah masing-masing.

Menekankan praktik untuk membentuk pemahaman secara kontekstual

         SMM lebih menekankan praktik dengan bobot teori hanya 10% saja. Hal ini diharapkan dapat membentuk pemahaman kontekstual pada anak, yaitu ia paham secara konteks materi yang diberikan, tujuan pembelajaran, penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, dan membuat mereka mendapat kebahagiaan dalam proses belajarnya. Penekanan dalam praktik juga diharapkan mampu membuat snowball impact, yaitu anak bukan hanya sekadar paham materi yang diberikan, tetapi dapat menggunakannya dan bermanfaat untuk orang-orang di sekitarnya.

Praktikal dan pemahaman kontekstual tidak akan terwujud tanpa adanya guru yang mumpuni dan kredibel dalam membimbing kawan murid. Tugas guru di Sekolah Murid Merdeka bukan lagi mengajar dan menerangkan di depan kelas, melainkan menjadi teman diskusi dan berekspresi untuk anak. Guru memfasilitasi anak untuk berdiskusi, menjawab kebingungan yang dihadapi ketika proses belajar mandiri, dan siap menjadi teman ayah bunda dalam berdiskusi mengenai tumbuh kembang anak. SMM memiliki guru yang memiliki banyak pengalaman di dunia pendidikan, mencintai anak-anak, dan kreatif. 

Tertarik belajar menyenangkan dan turut #menjadimerdeka bersama SMM? Yuk, kunjungi link di sini. Dukung proses belajar buah hati dengan pembelajaran yang lebih bermakna!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Informasi Terbaru